Kamis, 07 November 2019 06:28 WIB
Image

Dalam rangka mewujudkan rekomendasi hasil penelitian bidang ketenagakerjaan yang bersumber dari akar permasalahan yang ada di masyarakat, Puslitbang Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan (Puslitbang) dalam tahun 2020 merencanakan untuk mengadakan kerja sama penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang ketenagakerjaan secara kewilayahan dengan unit penelitian dan pengembangan pada Pemerintah Daerah Provinsi (Balitbangda) dan pada Perguruan Tinggi (LPPM).

Penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang ketenagakerjaan diharapkan dapat mengambil isu strategis dan aktual per wilayah penelitian, pengkajian, dan pengembangan, yang dilaksanakan melalui kerja sama tiga pihak, yaitu Puslitbang, Balitbangda, dan LPPM, yang salah satunya dengan melalui pengeloaan bersama dalam pembiayaan, SDM Penelitian, dan informasi hasil penelitin.

Dan untuk mewujudkan sinergitas pelaksanaan penelitian, pengkajian, dan pengembangan antara Puslitbang dengan Balitbangda dan LPPM maka Puslitbang akan menyelenggarakan rapat koordinasi teknis (Rakornis) penelusuan tema/isu penelitian, pengkajian, pengembangan dengan mengundang perwakilan dari Balitbangda dan LPPM. Dalam Rakornis dimaksud diharapkan semua perwakilan dari Balitbangda dan LPPM sudah menyiapkan beberapa alternatif rencana/tema strategis yang akan dibahas, untuk selanjutnya disepakati dan dijadikan tema penelitian, pengkajian, pengembangan yang akan dilakukan bersama pada tahun 2020 dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan pada tahun-tahun selanjutnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh masukan terkait isu-isu ketenagakerjaan prioritas dari Balitbangda dan LPPM, sebagai dasar dalam penetapan kebutuhan tema penelitian yang dimanfaatkan dalam penyusunan kebijakan penelitian, pengkajian, pengembangan bidang ketenagakerjaan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagakerjaan.

Dalam Rakornis laporan penyelenggaraan disampaikan oleh Kapuslitbang, dilanjutkan dengan arahan dan pembukaan secara resmi oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan, dengan pembicara Prof. Didik Rachbini dari INDEF, Dr. Padang Wicaksono dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dan Anjani Amita Kirana, BEF  sebagai Direktur Talent Indonesia.
(Deavy).

Komentar